Rabu, 18 Februari 2015

Pasang spakbor kolong Byson di Honda CB150R Streetfire



Assalamualaikum masbro, lama ga buat tuts nih, akhirya muncul lagi.

Kali ini mau nyoba kasih tutorial nih buat pemasangan spakbor kolong. Ya, seperti diketahui si Cibi ini ga dilengkapin spakbor kolong, tidak seperti kompetitornya (read= NVL). Namun justru di sini lah pemilik Cibi ini bermain dengan imajinasi dan berkreasi untuk tunggangannya. Tahun lalu saya sudah memposting menggunakan spakbor kolong NJMX. Tapi itu hanya untuk ban ukuran standar, bagaimana jika pemilik sudah meng-upgrade ukuran ban ke yang lebih gede? Hm, selamat! Silakan lanjutkan baca postingan ini sampe abis. Haha..

Untuk mempraktekan, masbro harus menebus dulu spakbornya ke dealer Yamaha terdekat.

Harganya murah kok, Cuma 31ribu saja (dulu 28ribu). Tapi belum pnp :p

Nah untuk membuatnya pnp ke Cibi, harus disiapkan alat sebagai berikut.
1.       Gergaji triplek/gergaji besi
2.       Cutter
3.       Mistar besi
4.       Kikir ukuran apa aja
5.       Tang lancip atau tang apa aja
6.       Gunting
7.       Bor listrik, dan mata bor 6mm
8.       Kunci 8mm
9.       Kunci 10mm
10.   Kunci L5

Sementara bahan tambahan yang diperlukan adalah:
1.       Plastik mika buat jilid
2.       Double tape busa
3.       Double tape biasa
4.       Kabel ties
5.       Baut ukuran 10mm panjang
6.       Ring ukuran 10mm 14 buah
7.       Mur 10mm
8.       Plat yang bolong2 bisa buat 6 spakbor lho haha

Oke sip sekarang kita ke langkah2nya:
1.       Potong bagian spakbor jadi seperti di bawah ini
Bagian depan potong

Bagian belakang potong dan ratakan
Bagian bawah potong menyamping, ratakan

Sebelah kiri gambar potong seperti ini

2.       Setelah selesai potong memotong, silakan aluskan menggunakan kikir biar ga ada yg tajem, bahaya soalnya masbro
3.       Abis itu ayo dilobangin pake bor listrik dengan ukuran mata 6mm. Kebetulan ga kefoto jadi nnt sekalian diliat pas pemasangan aja biar tau lobang2nya di mana aja.
4.       Buat plat tambahan, potong pake gergaji besi, dengan jarak 2 lobang
5.       Lalu buat pelinduung shock tambahan dengan lapis 2 pake mika jilid. Mika dilapis 2, kemudian potong 3 dengan jarak 10cm buat 33nya. Lapisannya ditempel dobel tape ujung2nya biar ga lepas bagian atas dan bawah. Terus bagian satu sisi kasih dobel tape busa atas bawah.

Hasil jadinya:


Udah selesai, sekarang bagian pemasangan, silakan ikuti cara berikut:
1.       Baut kotak minyak rem blkg dicopot, ganti pake baut yang panjang tadi, tapi inget, ini susunannya, baut, ring kira2 12 atau 13 biji, kotak rem, baru pasang.
2.       Copot cover chain ori pake kunci ring atau pas 10.
3.       Jangan pasang spakbornya dulu, tapi pasang pelindungnya dulu kayak gini
Bagian yang utuh buat di atas, bagian yang kepotong buat ke arm yang ngehadap ban.
4.       Udah selesai, pasang seperti di gambar berikut


Ini pake baut kotak rem yang tadi dicopot dan dipakein mur

Yang ini, iket pake kabel ties ke selang rem
5.       Cek mana yang kurang pas, entah kurang ke kiri atau ke kanan, atur aja pelan2 biar pas.
Tara!!
Selesai dah.


Buat yang ga mau ribet dan mau langsung pasang, bisa kok order ke saya. Harga 70ribu udah ga pake pusing
Silakan kontek ke fb facebook.com/agus.prasetio, kontak nnt di pm fb aja yah ;)

Wassalamualaikum.

13 komentar: