Minggu, 22 Februari 2015

review oli mobi Diesel di motor Honda CB150R, kopling basah bro dipakein oli mobil!

Saat ini, lagi marak2nya oli mobil bensin dan diesel dipake ke motor matic dan non matic. Untuk matic, secara pelumasan, memang sama sama mobil, karena sama2 pake sistem kopling kering. Nah, gimana kalo oli mobil dipake di motor kopling basah? Udah pasti tanggepan ente2 bakal ngira kalo gue gila, ga ikutin prosedur dan nyari perkara.

Tunggu dulu bro, menurut info yang gue dapet dari grup yang mereka sebut pengguna oli sesat, oli mobil ternyata aman dipake di motor kopling basah. Kenapa? Karena ga semua oli mobil mengandung molybdenum, atau kalo kata orang awam bilang, yang bikin kopling slip. Terbukti, dari ga adanya label EC/RC (Energy Conserving/Resource Conserving). Dan juga, ga semua oli mobil ada sertifikasi ILSAC GF-* yang mana itu biasa buat mobil matic.

Nah gue kali ini mau kasih review oli diesel yang gue pake. Ini pertamanya kalinya gue nyoba oli diesel setelah lama ngendon di grup fb (PCMO/HDEOon Motorcycle) dan udah lama juga pengen coba. Merknya United Oil tipe XD9000T diesel. Dengan SAE 15w-40 yang tentu lebih kentel dari oli rekomen pabrikan. API service CI-4/SL. Tanpa ada label EC/RC dan ILSAC, tentu ini aman buat kopling basah.





Oke, minta bokap beliin karena sekalian ganti oli mobil Panthernya. Awalnya sih gue mau pake Shell Rimula R4X. Tapi adanya Cuma United, ya udah tebus dah. Harga 67ribu untuk 1 liter. Sampe rumah, keesokan paginya langsung ganti. Tap oli Federal Supreme XX yang udah 2000km dan berasa udah ga enak banget.





Selesai ganti, panasin dah sebentar, beh, langsung kerasa efeknya. Mesin jadi lebih adem. Panasin dah sekalian rekam suara knalpot yang pengen gue jual. Bisa dibuka di sini.
Selesai panasin, jalan deh sebentar, aduh, begini nih awalnya pake oli diesel di motor. Tarikan awal berat masbro. Tapi, kalo udah panas, baru berasa entengnya. Ini berlangsung selama -+ 500km. Setelah itu baru deh mantap. Oiya karena gue kira ini masa2 flushing, gue kira ga bisa long drain. Tapi tanpa disangka2 oli ini aktif sampe hampir 4000km dan baru gue ganti malem Minggu tanggal 21 Feb 2015. Semalem bro haha.

Oiya, enaknya pake oli diesel di motor kopling basah, tarikan smooth kalo udah panas, kipas jarang muter, oper gigi ga ceklak ceklok, lebih irit bbm juga.


Karena semalem udah ga sabar mau ganti karena udah muncul tanda2 ga enak, seperti kipas sering muter, tarikan agak berkurang tapi masih enak, ya udah gue jalan dah ke rumah om Aiz juragan oli Arab Adnoc Voyager. Nanti reviewnya nyusul yak haha.

Gimana? Mau coba? Tapi kayaknya bakal mikir 2 kali dan nanya2 deh. Nah daripada kebanyakan nanya tapi ga ngelakuin, mending tengok aja tuh grup, gabung, dan tanya2 biar jelas. Daripada ngegantung. Oiya, misi pengguna oli mobil di motor itu adalah go green, soal power dan aksel itu adalah bonus, tapi kalo mau pake oli mobil dengan performa bagus dan juga tahan lama, ada juga kok, dan ga boong soal tahan lamanya. Bisa sampe 4000-10.000 bro.

Oke sekian dulu deh, kalo mau gabung ga usah ragu, malah nanti dibimbing sama suhu2nya, baik2 kok.

Oiya, ingat, gue ga ngajak kalian, gue Cuma kasih review aja biar keraguan terjawab dan maaf kalo penjelasan gue kurang apik, maklum, ilmu gue soal oli ga sebagus para suhu di sana, haha. Tapi, kalo kalian mau coba, Do It With Your Own Risk!

Wassalam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar