Sabtu, 28 Desember 2013

CB150R: pasang klakson mobil/kapal/denso



Ketemu lagi sama ane nih. :D. Hm, utk lanjutan trip at Yogyanya ane delay dulu yah, soalnya ane mau share nih cara pasang klakson mobil di CeBe trelis. Klakson emang perangkat penting yg ada di motor buat memberi tanda dikemdaraan di depan kita kalo kita mau menyalip atau memberi peringatan kalo kita mau lewat. Coba bayangin deh kalo motor tanpa klakson, hm pasti bakal buat kita kesusahan kan kalo mau nyalip. Kendati klakson bawaannya udah ada, namun suara yg dihasilkan ya begitu deeeh. Nah utk menyiasati suara yg kecil itu, para rider memasang klakson yg suaranya lebih gede. Yah, rata2 yang make itu anggota klub atau komunitas motor. (inget yah, komunitas, bukan geng motor!). yap seperti klakson yg ane pasang di Merah ane. Kalo ane pilih klakson merk Denso karena waktu itu ane masang pas dtg ke acara ultah BYONIC (Byson OwNer Indonesian Club) (bener ga yah kepanjangannya?? -.-a). Tapi saat itu ane masangnya pas motor ane masih Supra :D. Tpi skrg udah ane pindahin ke Merah. Utk harga, dulu sih 150ribu karena udah sama pasang, kalo skrg ga tau deh berapa. Utk unitnya yg didapat yaitu klakson 2 biji, yg Low sama yg High, dapet relay juga dan beserta kabel2nya. Plug n play? Bisa dibilang iya, bisa dibiloang tidak juga sih, soalnya kita harus  buat jalur kabel ke tegangan positif di aki pake kabel warna item (panjang kabel disesuaikan). Lalu dari postif aki dimasukin ke relay pake soket sambungan klakson. Abis itu 2 kabel yg di klakson ori dicopot dan dan disambungin ke relay yg arahnya menghadap ke atas. Dan yg berhadapan dengan kabel yg dari aki itu, buat jalur ke klaksonnya dan dibuat bercabang. Utk penjelasan relaynya bisa diliat di bawah:
Bagian yg dari positif aki
---
|                              |  <-- 2 garis ini yg dicolok pake kabel yg dari klakson ori
---
Bagian yg ke klakson

Jalur2nya sih gampang asal udah hafal aja  pas liat pemasangannya.

Nih penampakan Merah udah pake klakson Densonya..




Hm, gimana? Tertarik mau pasang? Ayo buruan beli deh biar bisa minggirin truck atau cabe2an yg ngalangin jalan kita. :p
Oke, udah dulu yah.  Kalo ada yg mau ditanyain bisa komen atau follow Twitter ane di @agus_apr21 atau add fb di facebook.com/agus.prasetio
Sekian dari ane, maaf apabila ada kesalahan kata. :)

1 komentar:

  1. kira2 kuat nggak kalo cb 150 r dikasih sirine patwal toa 6 suara ??

    BalasHapus