Motor dredeg kalo udah panas pas aksel, hmh, kayaknya ada
yang ga bener pas pemasangan waktu klaim September lalu. Udah balik lagi ke
sana tetep aja ga dibongkar Cuma alesan doang masih baru jadi masih
penyesuaian. Hadeuh. Yaudah lah mending ganti aja sekalian.
Tebus deh per kopling Tiger ori. Harga di ahass kisaran 7-10ribu/pc.
Karena butuhnya 4, jadi total 28-40ribu.
Oiya ini per kopling lebih panjang, namun diameternya lebih
kecil. Juga warnanya ijo dan lebih keras dari orinya yang warna putih dan
lembek.
Kalo ragu mau ganti sendiri, ya bawa aja ke bengkel atau
ahass langganan. Tapi, kalo mau coba bongkar sendiri, mari lanjutkan membaca.
Oke sediain deh alat perang berupa kunci T8, T10, tang,
obeng plus, obeng min, kunci shock, kunci L5 kunci2 ring pas lainnya yang
sekiranya dibutuhkan.
Kalo bahannya, siapin pernya, oli baru (optional), coolant
baru, paking blok (opsional kalo rusak).
Pertama, buka klip selang coolant di blok yang ngarah ke
water pump pake obeng plus. Tujuannya buat kuras coolant sampe kosong di dalem
waterpump biar ga meluber ke mana pas dibongkar. Udah dibuka copot dan tadangin
coolant pake baskom. Sampe bener ga ngalir lagi.
Kedua, buka klip selang yg dr blok silinder ke arah blok
kopling. Pastiin kalo di situ udah ga ada air.
Ketiga, buka baut yang di water pump bagian bawah. Siapin baskom
dulu buat nampung coolant yang masih kesisa. Tutup rapet lagi. Abis itu cabut
selang kecil, buka dulu klipnya pake tang.
Keempat, tap oli dulu, pake kunci 17.
Kelima, bukan kick starter stopper yang ada di rangka pake
kunci T10 atau kunci ring 10. Letaknya di sini.
Abis itu buka kick starternya juga pake kunci ring 12.
Keenam, buka satu satu baut blok dari paling atas searah
atau berlawanan jarum jam, bebas. Lepasin sling kabel kopling dari pengungkit
kopling. Oiya, apalin baut yang panjang posisinya di mana aja. Ada 4 baut yang
paling panjang dari yg lainnya.
Ketujuh, buka bloknya. Tarik pelan2. Kalo mau gampang,
dorong dikiiiiiit aja pengungkit kopling ke arah depan.
udah kebuka
Kedelapan, bukan pengunci per kopling pake kunci T10, secara
merata yah biar ga patah. Inget, ga usah sampe bongkar2 rumah kopling segala.
Kesembilan, ambil per kopling yang lama dari dudukan,
masukin per kopling tiger tadi semuanya.
Kesepuluh, pasang kembali pengunci per kopling. Oiya jangan
sampe kenceng dulu, pastiin dulu dudukan per koplingnya ga ada yang miring,
kalo miring coba diteken2 pake obeng min. Selesai deh ganti pernya.
Nah kalo mau masang bloknya lagi, lakuin cara kebalikan dari
bawah sampe atas.
Oiya sebelum dinyalain, isi olinya dulu yah, wkwkwkwk.
Rapiin semuanya yang ga kepake kalo udah beres. Sekarang lanjut
isi coolant. Isinya jangan dari belakang, tapi dari atas. Buka shroud kanan,
buka baut yang di tutup radiator, awas, itu kecil, jangan sampe rusak dan
jangan sampe ilang. Nah baru deh sambil nuang, sambil manasin motornya. Tuangin
sambil gas dikit2 biar airnya nyusut ke dalem. Udah dirasa cukup udah stop. Pasang
lagi tutup dan shroudnya. Silakan tes jalan ke sekitar komplek rumah aja..
Rasakan perbedaannya, hentakan lebih nendang, dan netralin
tetep gampang meskipun setelannya deket.
Gimana? Mau nyoba? Silakan diserap.
Tips ini juga berlaku buat yang mau ganti per kopling racing
merk apapun.
Oke segitu dulu.
Sekian.
isa ngilangin ndut2an ga om itu
BalasHapusbisa, asal masangnya bener, karena masang bagian kopling itu ada standarnya ga asal pasang ajah
HapusItu ada efek sampingnya g om??
BalasHapusefek samping motor jadi loncat2 hahaha
HapusOm punya saya kok ndredeg ya kalo buat jalan pelan
BalasHapuscara pasang kurang bener
HapusNdredeg karna gearnya gak std, saya ganti per kopling tiger ori, kampas kopling tdr, sama gear set sss udah lumayan wenak gak dredeg
BalasHapusOM mau tanya ni ane, motor cb ane baru tak ganti kampas sama per kopling. kampas pake daytona sama per kawahara punya tiger kok malah jadi ndut ndutan kalo rpm rendah om? padahal gear set udah tak ganti pake sss
BalasHapusKarena kampas racing lebih tipis
HapusJika dikasih 5 biji kurang klo dikasih 6 biji ketebalan.
Biasanya diganjal pake yg kecil jadi jumlahnya 6
Saat tarikan awal atau pas macet2an jalannya ndut2an
Solusi harus bubut rumah kopling dan kampas jadi 6 biji
beberapa kasus, cuma karena masalah pemasangan yg kurang pas aja
HapusGan per kopling cbr 150r di ganti punya tiger bisa gk dan lebih enakan yg mana ya
BalasHapusLebih enak mas..
HapusApalagi di ganti house yg 6 per..
Lebih nendang lgi hehehe😁
ini kan emg lagi bahas perkop tiger
HapusMas mau nanya, kalo rumah kopling Honda kharisma bisa pnp gk kalo di pasang di cb150r.
HapusMas kira² house kopling per 6 ada yang jual gak buat old cb, aku nyari barang nya dimana² kok gaada ya, apa bisa pake house per 6 yang buat sonic/new cb?
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusDulu saya juga punya kendala yg seperti itu gan,maklum nama nya anak muda pengen nya ini-itu jadi saya ganti soh cibi pake per kopling tdr tiger ,kamvas kopling tdr tiger, yah gitu kendalanya ndut-ndutan,setelah saya cek di aahas ternya perkomping tdr atau punya motor tiger itu diamter nya lebih sempit dan per kopling jafi kejepit ketimbang yg std cb jadi pantas saya sih cb ndut-dnutan,alangkah lebih baik nya bila ingin menganti dengan yg racing monggo di ukur dulu diameter pernya
BalasHapusJADI MENDING MANA YANG BAGUS PER ORI / RACING
HapusJADI MENDING MANA YANG BAGUS PER ORI / RACING
Hapusmenurut saya per tiger ori ud paling pas buat cb150 kita2
HapusKalo punya saya kenapa ya bro pakai per kopling tiger ori tapi belum bisa ngopling. Mungkin ada solusinya ??
HapusMotor saya yang new cb (led)
Kampas kopling standar+perkopling RMG yg competisi. Di jamin josss
HapusGan bener enak bgt pakai per kopling tiger yg ori
BalasHapusGan bener enak bgt pakai per kopling tiger yg ori
BalasHapuskalo per kopling tiger yg ori di pasang ke honda sonic 150 bisa gak.
BalasHapusKlau kampas kopling pake gl pro ori enak gak mas??
BalasHapusBnyak yg nyaranin pake gl gitu
enak banget pake per kopling tiger om, tapi kok ada ndut ndutannya ya? apanya yang kurang bener itu om?
BalasHapusAne punya kuda new cb150r Kemarin ganti perkopling racing kawahara punya ninja 250. Behhh ngacir tarikan jadi berasa.jd ga pengen ngerem bro. Di rpm rendah lancar tp klo lg macet tangan pengen di urutin (pegel)
BalasHapusKalo ud pake kampas kopling racing dan pake per kopling Tiger/racing, alangkah baiknya kabel koplingnya di cuci pake bensin trus di kasih pelumas supaya lebih maximal gk ada gejala ini dan itu..
BalasHapusKalo ud pake kampas kopling racing dan pake per kopling Tiger/racing, alangkah baiknya kabel koplingnya di cuci pake bensin trus di kasih pelumas supaya lebih maximal gk ada gejala ini dan itu..
BalasHapusGan punya ane abis ganti perkopling tiger di setel deket kok gak bisa ya.?
BalasHapusPer tiger terlalu panjanh gan, sya per ori d tmbahi ganjal 1.5mm aja udah ndut2an..akhirnya d bkin 1mm, kamkop pake vega zr, jalur olinya lbh bnyak dri pda kamkop ori new cb, stut kopling d beri bantalan.ketebalan jgn lebh dri 1mm gan.d jamin mentok..cover mesin gak bsa nuthp
HapusSebenarnya mslah cb dan new cb pada house koplingnya gan..sya bru mo eksperimen sma bngkel..ncb sya bru 2 mingguan..house koplang sdah oblak..pdhal bru 300an km..
BalasHapusMasalahnya sama gan, solusinya??
HapusEmang ap yg di bilang bner pakai per kpling tiger emang enak .. Tpi bnyak yg bilang ndut ndutan. Itu akibatsaat menguncinya kencang sebelah.atau lernya mereng .. Mangkny di pasti kan seblum di bawa jalan kndran ny mas bro.
BalasHapusEfek samping nya. Hati hati dngan penutup per kopling nya pecah. Ketika ingin. Betot dan bermain kopling ..
Dan kampas cpat haus..
Sya udah nyobak...
Akhirny saya ganti per cb yg racing ajh .. Emang sih harga dan minus ny ad. Yaitu mahal dan cepat pegal. Tpi kalau mau gk pegal. Gnti juga kampasnya ..tpi gntinya satu produk ya.. Misalnya kawahara .baik per dan kmpasnya. Dan lain lain ..
Lbih galak lagi .. Dan kemungkin bisa nmbah lari hehe ..
Tlo setahu sya. Si gnti per dan kampas itu hnya bikin kendran lebih spontan dan lebih nendang tenanga nya. Tpi kalau untuk lari. Gnti part racing seprti : cdi brt dualband
Koil gear seat(ukuran kecil) baik muka blakang. Busi iridium ngk
D-tech buat pengapian noken as ny ganti yg racing ad jual online spek yg d inginkan baik harian maupun balapan
Dan ganti saringan udara racing .
Thortle body ..yg lubang injec ny 10 atau 8... Rantai tameng dan tensioner ..
Bnyak yg d prlukan tpi itu smua bikin kendarran anda beda sndri ... Meski pun knalpot standrt .. Saya udh sbgian gnti tpi gk smua. ...
Tuas kopling berat ngga gan Klo pke perkop tiger?
BalasHapusPer kopling tiger bisa di pasang di sonic
BalasHapusKemarin ganti pir kopling tiger..tp efeknya di rantai kracak kracak gitu yaa. Apanya yg hrus di bnah i om Mohon ifonya
BalasHapusPermisi untuk pemasangan pir kopling tiger ini harus mentok untuk bautanya atau hatus diberi space (jarak) untuk bautnya ?? Aku coba mentokin baut pengunci pir malah jauh banget tuas di bak kopling ditekan belom pakek tekanan dan itu terlalu dekat dengn setelan kopling tolong pencerahanya
BalasHapusOmkasi masukan dong cra pmasangan kopling ny yg benar biar gk ndut2an
BalasHapusOmkasi masukan dong cra pmasangan kopling ny yg benar biar gk ndut2an
BalasHapusOm om, mohon solusi nya, old cibi saya susah bgt untuk di netralkan, kira2 masalah.a dmna ya??
BalasHapusDi supra gtr bisa masuk gk per kupling tiger?
BalasHapusMotor ane honda sonic per kopling pke puya tiger ori .tpi per saya kurangi 1lingkaran alhasil motor G ndut dutan malah semakin nendang.
BalasHapusPotong
BalasHapusKira2 ada efek sampingnya engga gan kalo pake kamkop kawahara+perkop tiger? Terima kasih gan
BalasHapusKlo new cb150r di pakein per punya sonic yg recingan bisa apa ngaka om ?
BalasHapusKlo new cb150r di pakein per punya sonic yg recingan bisa apa ngaka om ?
BalasHapusSy pakai per kopling tiger ori di ncb malah kepanjangan, ahirnya di potong sm Mekaniknya,dan bisa, sy bawa jalan malah jd kurang tarikanya sperti ada yg nahan tenaganya, kayaknya masih kepanjangan lagi, minta di potong lagi.
BalasHapusBang mau tanya masang kampas yg bener itu seperti apa ya? Biar nggak ndut ndut an
BalasHapusBang kalo per kopling tiger buat motor sonic bisa gak bang dan harus di potong dulu apa nggak per koplingnya?
BalasHapus